PENGARUH STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP SELF-EFFICACY PADA PEMBELAJARAN SAINS KELAS V SD

  • Lis Lestari SDN Jajartunggal 1/450 Surabaya
Keywords: Strategi Metakognitif, Self Efficacy, Pembelajaran Sains

Abstract

Pembelajaran sains merupakan salah satu pembelajaran yang berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis dan terstruktur. Kegiatan tersebut perlu adanya rasa kemandirian dan percaya diri dalam belajar pada diri siswa.  Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari strategi metakognitif terhadap self-efficacy pada pembelajaran sains kelas 5 SD. Kelas 5 sebagai kelas yang harus memiliki kesiapan pada jenjang pendidikan akhir Sekolah Dasar.

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD yang berjumlah 100 siswa. Jumlah ini akan terbagi menjadi dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Sesuai dengan prosedur pada metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini membandingkan dua kelompok dengan menggunakan uji t. 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan self-efficacy antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi metakognitif dan non metakognitif.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-20