PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK SUB TEMA TUGASKU SEHARI-HARI DI RUMAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS II DI SDN 16 BUNTOK

  • Esnaweiyati Esnaweiyati SD Negeri 16 Buntok
Keywords: Hasil Belajar, Tematik, Model Kooperatif, Make a Match

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pembelajaran tematik subtema Tugasku Sehari-hari di Rumah di kelas II SD Negeri 16 Buntok.

Metode yang peneliti gunakan pada penelitian tindakan kelas ini adalah model Kurt Lewin yang didalamnya terdapat 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II di SDN 16 Buntok yang terdiri dari 26 siswa. Pengambilan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara,dan tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I  nilai rata-rata pada pelajaran matematika 66,54 meningkat pada siklus II 79,58, sedangkan pada mata palajaran Bahasa Indonesia nilai rata-rata siklus I 74,62 meningkat pada siklus II menjadi 8,12. Begitu juga persentase ketuntasan siswa pada siklus I mata pelajaran matematika 57,7% meningkat pada siklus II 80,77%, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I 69,23% meningkat pada siklus II 80,77%. Sehingga penerapan model kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran tematik subtema Tugasku Sehari-hari di Rumah dapat dikategorikan baik.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-29