UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKn MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS VII SMP NEGERI 5 MURUNG

  • Helnoni Helnoni SMP Negeri 5 Murung
Keywords: Hasil Belajar, PKn, Kebebasan Berorganisasi, STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran  PKn  sebelum  dan  sesudah  menggunakan  model pebelajaran  Student Teams Achievement Division (STAD) dan untuk mengetahui keefektifan siswa dalam kelas selama pembelajaran berlangsung.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan II  siklus  dan  untuk  setiap  siklusnya  terdiri  dari  perencanaan,  pelaksanaan, observasi dan refleksi melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran PKn materi Kebebasan Berorganisasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Murung. Dan subjek dari peneliatian ini adalah siswa/i kelas Vc dengan jumlah 19 orang.

Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  di  ambil  kesimpulan  bahwa  hasil belajar siswa sebeleum tindakan hanya mendapatkan nilai rata-rata sebesar 64,41 atau 21% tingakat keberhasilannya. Setelah diterapkannya model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada siklus 1 hasil belajar PKn siswa memiliki nilai rata-rata 70,52 atau 52,6% tingkat keberhasilan siswa. Pada siklus II   diperoleh nilai rata-rata 83,16 atau 83,21% tingkat keberhasilan para siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dapat dikatakan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-04