UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 BENJENG DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)

  • Niswati Niswati SMP Negeri 1 Benjeng
Keywords: Kemampuan Guru, Pembelajaran Saintifik, Observasi Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan himpunan siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Benjeng dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Partisipan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Benjeng, sebanyak 32 siswa. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, angket respons siswa, wawancara terhadap siswa dan guru, tes tertulis, catatan lapangan dan dokumentasi.

   Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan rata-rata nilai siswa kelas VII D meningkat dari tes kemampuan awal sebesar 50,67 ke siklus I sebesar 71,76, dan siklus II sebesar 75,56. Sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 72,73%, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5% maka telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal pada pokok bahasan Himpunan. Berdasarkan angket respons siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan STAD, menunjukkan respon sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 83,98%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-08