MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS (WRITING) TENTANG TEKS KHUSUS DALAM BENTUK SURAT PRIBADI MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN I NAGAWUTUNG

  • Yohanes Beni Miten SMA Negeri I Nagawutung Kabupaten Lembata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris dengan materi teks khusus dalam bentuk surat pribadi melalui metode pembelajaran mind mapping di kelas XI IPA SMA Negeri I Nagawutung.


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana pada tiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu  perencanaan,  pelaksanaan,  observasi,  dan  refleksi.  Subjek  dari penelitian ini adalah siswa di kelas XI IPA SMA Negeri I Nagawutung yang terdiri dari 18 siswa.


Hasil dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa hasil belajar nilai tertinggi sebelum dilakukan penelitian atau pra siklus adalah dengan rata-rata 64.00 dengan kriteria ketuntasan sehingga kriteria penilaian 55.55 kurang, sehingga dilakukan siklus 1 dengan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 62, dengan nilai rata-rata 65.83, berdasarkan kriteria penilaian ketuntasan adalah 66.66% adalah kategori cukup, maka dilanjutkan siklus 2. pada siklus 2 perolehan nilai tertinggi 80 dan terendah 62 dengan rata-rata 70,17, kriteria ketuntasan sebesar 88.88% dengan penilaian sangat baik, Peningkatan tersebut meliputi peningkatan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar.


Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahaa Inggris di kelas XI IPA SMA Negeri I Nagawutung.

Published
2020-11-05
How to Cite
MITEN, Yohanes Beni. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS (WRITING) TENTANG TEKS KHUSUS DALAM BENTUK SURAT PRIBADI MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN I NAGAWUTUNG. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 9, p. 620-631, nov. 2020. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/778>. Date accessed: 30 nov. 2020.