PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MULTIKULTUR ADALAH PEMBERIAN ALLAH DI KELAS XII IPA SMAN 1 ROTE SELATAN

  • Marny Aletha Saudale SMAN I Rote Selatan

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah melihat keadaan siswa yang kurang aktif yang mengakibatkan prestasi belajar siswa menurun sehingga peneliti akan melakukan penelitian tindakan kelas pada pelajaran Agama Kristen di kelas XII IPASMAN 1 Rote Selatan.


Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII IPA pada pelajaran Agama Kristen materi multikultur adalah pemberian Allahdengan menerapkan metode jigsaw. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XII IPA SMAN 1 Rote Selatan yang terdiri dari 31 orang.


Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 48 % dan meningkat pada siklus II menjadi 100 %, persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 58 % dan meningkat pada siklus II menjadi 100 %, persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 62 % dan meningkat pada siklus II mencapai80 %.


Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode jigsaw pada pelajaran Agama Kristen materi multikultur adalah pemberian Allah untuk siswa kelas XII IPA SMAN 1 Rote Selatan dinyatakan berhasil.


 

Published
2020-11-05
How to Cite
SAUDALE, Marny Aletha. PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MULTIKULTUR ADALAH PEMBERIAN ALLAH DI KELAS XII IPA SMAN 1 ROTE SELATAN. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 9, p. 611-619, nov. 2020. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/777>. Date accessed: 30 nov. 2020.