MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN NAMAWEKA KECAMATAN NUBATUKAN MELALUI PENJUALAN BIJI JAMBU MENTE

  • Hiasintus Beleleng Saya SDN NAMAWEKA KECAMATAN NUBATUKAN

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah yang dihadapi peserta didiknya yaitu keterlambatan pembayaran uang sekolah sehingga dengan menjual biji jambu mente yang ada di lingkungan SDN Namaweka, maka dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didiknya.


               Pelaksanaan siklus I dan siklus II pada penelitian tentang Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di SDN Namaweka Kecamatan Nubatukan melalui Penjualan Biji Jambu Mente dapat dilaksanakan dengan baik melalui 2 siklus dan hasil yang dicapai telah baik,walaupun pada siklus I aktifitas yang dilaksanakan guru dan peserta didik mendapat predikat B tetapi pada siklus II mengalami peningkatan dan mendapat perdikat B. Jadwal yang dibuat untuk melaksanakan aktifitas memilih biji jambu di sekolah telah dijalankan dengan baik. Hasil yang diperoleh sangat baikdengan mengumpulkan biji jambu selama pelaksanaan siklus I dan II sebanyak 94 kg biji jambu ditambahan dngan biji jambu yang sudah dikumpulkan sebelumya. Total biji jambu yang dikumpulkan pada tahun 2019 sebanyak 380 kg. Dan hasil yang diperoleh setelah dijual sebesar Rp. 7.000.0000,-. Biaya tersebuut akan digunakan untuk membeli keperluan sekolah.


            Dengan melihat hasil yang dicapai pada pelaksanaan siklus penelitian ini, maka baik kepala sekolah, orangtua, guru dan peserta didik sangat puas karena masalah yang dihadapi bisa teratasi, walaupun ada dana BOS namun dana yang ada belum mencukupi pemenuhan kebutuhan pendidikan di SDN Namaweka.

Published
2020-09-29
How to Cite
SAYA, Hiasintus Beleleng. MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN NAMAWEKA KECAMATAN NUBATUKAN MELALUI PENJUALAN BIJI JAMBU MENTE. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 8, p. 510-525, sep. 2020. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/766>. Date accessed: 21 oct. 2020.