PENINGKATAN INOVASI PEMBELAJARAN ICT BAGI GURU MELALUI METODE POWER POINT DI SDN PADA

  • Veronika Ose SDN PADA Kabupaten Lembata

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dengan metode power point dapat meningkatkan penguasaan ICT sebagai media pembelajaran di SDN PADA tahun 2019 dan juga untuk mengetahui dengan metode power point dapat meningkatkan motivasi guru untuk menggunakan ICT sebagai media pembelajaran di SDN PADA.


Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Siklus I diperoleh angka prosentase tingkat penguasaan  ICT  sebesar  41,66%  dan  motivasi guru dalam menggunakan komputer sebagai media pembelajaran sebesar 83,33%.  Hal ini menunjukan hasil yang diperoleh belum memuaskan atau belum maksimal, sehingga peneliti melanjutkan ke Siklus II dengan cara/teknik pelatihan yang berbeda. Semua guru terbagi dalam 2 kelompok dengan dibimbing oleh nara sumbernya masing-masing dan pada siklus II diperoleh angka prosentase tingkat penguasaan ICT sebesar 83,33%, dan motivasi guru dalam menggunakan komputer sebagai media pembelajaran sebesar 100 %.  Hal ini menunjukan hasil yang diperoleh memuaskan dan maksimal.


Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti menyimpulkan bahwa peningkatan inovasi pembelajaran ICT bagi guru melalui metode power point sangat perlu untuk diterapkan. Oleh karena itu peneliti memberikan saran, untuk peningkatan kinerja guru, pihak sekolah seyogyanya memfasilitasi untuk menyelenggarakan pelatihan secara berkesinambungan.

Published
2020-08-31
How to Cite
OSE, Veronika. PENINGKATAN INOVASI PEMBELAJARAN ICT BAGI GURU MELALUI METODE POWER POINT DI SDN PADA. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 7, p. 436-446, aug. 2020. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/759>. Date accessed: 20 sep. 2020.