ANALISIS KOHERENSI PADA WACANA BERITA DENGAN JUDUL KRIM ABAL-ABAL SEBABKAN WANITA DI AS NYARIS KOMA DI LIPUTAN6.COM, JAKARTA

  • Sugianti Sugianti Universitas PGRI Wiranegara

Abstract

Berita merupakan sebuah informasi terbaru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi. Berita biasanya disajikan melalui bentuk cetak, siaran, internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga dan orang banyak. Berita selalu memuat berbagai topik atau masalah yang ada dilapisan masyarakat. Di dalam berita selalu memuat wacana yang dirangkai melalui kalimat dan membentuk sebuah paragraf.


Penelitian ini bertujuan mempelajari koherensi yang terdapat pada wacana berita. Dalam penyusunan wacana tulis, khususnya berita, koherensi wacana harus diterapkan, analisis ini memiliki hubungan erat dengan bahasa terutama penelitian tentang wacana, salah satunya adalah analisis wacana. Analisis wacana pada penelitian ini adalah analisis koherensi wacana berita dengan judul berita “krim wajah abal-abal sebabkan wanita di AS nyaris koma”. Metode dalam menganalisis subyek menggunakan BASIK (baca, simak, dan klasifikasi. Analisis ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu membaca dan memahami (simak) wacana dengan judul tersebut, dan mengklasifikasi dengan manandai bagian-bagian penting wacana yang berhubungan dengan koherensi. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif.


Ada beberapa hal yang didapat dari hasil penelitian ini, yaitu mengetahui latar belakang wacana dan seluk-beluk tentang koherensi, dan mengetahui beberapa wacana kalimat berita tentang berbagai macam penanda koherensi serta mengetahui keterkaitan antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya, sehingga kalimat tersebut memiliki kesatuan makna yang utuh.

Published
2020-08-31
How to Cite
SUGIANTI, Sugianti. ANALISIS KOHERENSI PADA WACANA BERITA DENGAN JUDUL KRIM ABAL-ABAL SEBABKAN WANITA DI AS NYARIS KOMA DI LIPUTAN6.COM, JAKARTA. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 7, p. 461-470, aug. 2020. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/751>. Date accessed: 20 sep. 2020.