PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PEMBELAJARAN SAKRAMEN EKARISTI KELAS IV SDK LAMALERA KECAMATAN WULANDONI KABUPATEN LEMBATA

  • Yuliana Dasion SDK Lamalera Kecamatan Wulandoni Kabupaten Lembata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar afektif, psikomotorik dan kognitif materi Sakramen Perjamuan Ekaristi bagi siswa kelas IV SDK Lamalera Kecamatan Wulandone Kabupaten Lembata melalui metode Demonstrasi. Metode penelitian tindakan kelas IV menggunakan subyek adalah siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang. Dari penelitian didapatkan peningkatan hasil belajar efektif dari 75% menjadi 100%.


Pada hasil belajar psikomotorik siklus kedua mencapai 100%, yang berarti ada peningkatan sebesar 25% di atas indikator pencapaian KKM 70.  Peningkatan hasil belajar kognitif pada siklus kedua mendapatkan hasil sebanyak 16 siswa (100 %) tuntas.


Ketuntasan ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran padas iklus kedua dengan menggunakan metode demonstrasi dinyatakan berhasil. Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan penggunaan metode demonstrasi untuk mengajarkan materi Sakramen Perjamuan Ekaristi.

Published
2020-07-02
How to Cite
DASION, Yuliana. PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PEMBELAJARAN SAKRAMEN EKARISTI KELAS IV SDK LAMALERA KECAMATAN WULANDONI KABUPATEN LEMBATA. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 6, p. 324-338, july 2020. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/744>. Date accessed: 07 aug. 2020.