MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI PERKALIAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SSISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR INPRES SOPI KECAMATAN MOROTAI JAYA

  • Nurhani Mahmud Universitas Pasifik Morotai

Abstract

Proses belajar mengajar materi perkalian,  bahwa materi tersebut sulit dipahami para siswa, seperti menjumlahkan penjumlahan secara berulang sehingga mengakibatkan pada materi perkalian siswa mampu untuk mengalikan satu bilangan dengan bilangan yang lainnya tetapi jika mengalikan bilangan melebihi satu bilangan, siswa sudah merasa kesulitan untuk mengoperasikannya  sehingga dari hasil belajar materi tersebut dari 20 siswa yang mencapai nilai di atas KKM 70 hanya 5 siswa (25%). Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika operasi perkalian melalui pendekatan matematika realistik pada siswa kelas IV SD Inpres Sopi Kecamatan Morotai Jaya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan Refleksi. Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa digunakan pendekatan matematika realistik sehingga hasil penelitian setiap siklus menunjukkan peningkatan setiap siklus. Pada tindakan siklus 1  tingkat hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar  35% dan  pada tindakan siklus II, proses kegiatan belajar mengajar telah mengalami peningkatan dengan tuntasan belajar  secara klasikal  mencapai ketuntasan belajar 90% dan telah mencapai KKM (70). Penerapam pendekatan matematika realistik  dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang operasi perkalian pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Inpres Sopi Kecamatan Morotai Jaya.

Published
2020-07-02
How to Cite
MAHMUD, Nurhani. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI PERKALIAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SSISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR INPRES SOPI KECAMATAN MOROTAI JAYA. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 6, p. 392-403, july 2020. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/741>. Date accessed: 02 dec. 2020.