STRATEGI BURSA KERJA KHUSUS (BKK) SMK DALAM MENGANTAR ALUMNI MENDAPAT PEKERJAAN (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 3 PROBOLINGGO)

  • Haris Prasetyawan SMK Negeri 3 Probolinggo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program kerja karyawan baru SMK Negeri 3 Probolinggo dalam mengantarkan lulusan untuk mendapatkan pekerjaan, untuk menganalisis kemitraan karyawan baru SMK Negeri 3 Probolinggo di Jakarta mengantarkan lulusan untuk mendapatkan pekerjaan; dan untuk menggambarkan akuntabilitas SMK Karyawan baru Negeri 3 Probolinggo dalam memberikan lulusan untuk mendapatkan pekerjaan.


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk menganalisis data, penelitian ini digunakan reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karyawan baru SMK Negeri 3 Probolinggo diatur secara sistematis mulai dari persiapan target kualitas tahunan. Karyawan baru memiliki program wajib berikut: mengunjungi dunia bisnis, perekrutan dan distribusi lulusan. Kemitraan SMK Negeri 3 Probolinggo karyawan baru memiliki prinsip "Tidak ada gagal dalam membangun hubungan kerjasama." Karyawan baru aktif di forum komunikasi pertukaran tenaga kerja Jawa Timur untuk mendapatkan informasi mengenai dunia bisnis. Akuntabilitas SMK Negeri 3 Probolinggo karyawan baru dibuat dalam bentuk laporan pertanggungjawaban. Laporan tersebut mencatat proses dan hasil seleksi. Itu dilengkapi dengan dokumen pendukung seperti jumlah mitra dunia bisnis, profil sekolah, dan foto proses seleksi.


 

Published
2020-04-04
How to Cite
PRASETYAWAN, Haris. STRATEGI BURSA KERJA KHUSUS (BKK) SMK DALAM MENGANTAR ALUMNI MENDAPAT PEKERJAAN (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 3 PROBOLINGGO). e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 128-143, apr. 2020. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/682>. Date accessed: 26 may 2020.