PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR FISIKA BERBANTUAN EVALUASI QUIZIZZ DI SEKOLAH BERSISTEM KREDIT SEMESTER

  • Hartini Dewi SMAN 1 Tumpang

Abstract

Problem based learning merupakan rangkaian aktivitas pembelajaran, artinya dalam implementasi PBL ada sejumlah kegiatan yang harus dilakukan siswa. Siswa  tidak hanya mendengar, mencatat, kemudian menghafal materi pelajaran, tetapi melalui model problem based learning (PBL) siswa menjadi aktif berpikir, berkomunikasi, mencari dan mengolah data, dan akhirnya membuat kesimpulan. Kedua, aktivitas pembelajaran diarahkan untuk menyelesaikan masalah. Problem based learning ini menempatkan masalah sebagai kata kunci dari proses pembelajaran. Dengan menggunakan unit kegiatan belajar mandiri yang dikenal dengan istilah ukbm, awalnya semua siswa di semester satu diberi awalan pengajaran yang sama. Setelah tengah semester, mulai ketahuanlah kemampuan masing-masing kelompok. Ada 20℅ siswa berkemampuan cepat. Ada 25℅ siswa berkemampuan menengah. Sisanya ada 55℅ siswa berkemampuan rendah, Kesimpulan dapat ditarik sebagai berikut  PBL sebagai strategi pembelajaran berbasis masalah di dunia nyata dapat digunakan untuk merangsang pemikiran kritis siswa dalam menyelesaikan masalah. Prosentase perubahan yang terjadi dalam penggunaan metode problem based learning di kelas yang menggunakan sistim kredit semester berbantuan Quizizz. Pada awalnya, hasil belajar untuk aspek kognitif siswa adalah 29,06% dan setelah metode PBL pada siklus pertama meningkat menjadi 56,88% dan menjadi 84,77% pada siklus kedua. Peningkatan antara siklus I dan II adalah 27,89% setelah penerapan PBL.

Published
2019-10-31
How to Cite
DEWI, Hartini. PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR FISIKA BERBANTUAN EVALUASI QUIZIZZ DI SEKOLAH BERSISTEM KREDIT SEMESTER. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 10, p. 1298-1313, oct. 2019. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/629>. Date accessed: 18 nov. 2019.