STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD ABDUH DAN ABUDDIN NATA

  • Tohir Solehudin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Soni Eranata Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Pendidikan akan terus berkembang mengikuti zaman, sehingga dibutuhkan pemikiran-pemikiran tokoh Islam yang focus dalam dunia pendidikan, untuk memecah segala problematika pendidikan yang dirasakan saat ini. Kedua tokoh ini terkenal konsen dalam melihat pendidikan dan mengamati sebagai salah satu instrument yang digunakan untuk mencetak generasi yang memiliki syaksiyah islamiya. Proses kependidikan Islam memerlukan konsep-konsep yang pada gilirannya dapat dikembangkan menjadi teori-teori yang teruji dalam prakteknya dilapangan. Bangunan teoritis kependidikan Islam itu akan dapat berdiri tegak diatas pondasi pandangan dasar (filosofis) yang telah digariskan oleh Tuhan dalam kitab suci wahyu-Nya yaitu Al-Qur’an.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripitif kualitatif untuk memberikan gambaran konstruksi konsep pendidikan dari tokoh-tokoh Islam yaitu Muhammad Abduh dan Abuddin Nata dalam melihat pendidikan dari sisi tujuan pendidikan, kurikulum pendidikan, dan output yang akan dicetak.  Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) yaitu penelitian kepustakaan dan literatur yang ada relevansinya dengan judul.

References

Mappasiara. (2018). Pendidikan Islam (Pengertian, Ruang lingkup dan Epistemologi. Jurnal Pendidikan Islam, Volume VII Nomor 1. Hal 147
Nata, Abuddin. (2005). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Gaya Media Pratama.
Nata, Abuddin. (2012). Metodologi Studi Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ramayulis, (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia.
Rohman, Fathur. (2016). Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad Abduh. Jurnal Raudhah, Vol. IV, No. 1: Januari – Juni 2016.
Rosita. (2011). Kurikulum Pendidikan Islam, Gagasan Pendidikan Syed Naquid Al- Attas. Banda Aceh : Penerbit Pena.
Rosyadi, (2017). Pendidikan Islam Dalam Presfektif Kebijakan Pendidikan Nasional. Bogor : Uika Press
Sugiono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Qomar, Mujammil. (2013). Strategi Pendidikan Islam. Jakarta : Penerbit Erlangga
Supriadi. (2016). Konsep Pembaharuan Sistem Pendidikan Islam Menurut M. Abduh. Jurnal Kordinat.Vol. XV No. 1 April 2016.
Tafsir, Ahmad. (2014). Filsafat Pendidikan Islam Integrasi Jasmani, Rohani, Kalbu, Memanusiakan-manusia. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Published
2019-10-01
How to Cite
SOLEHUDIN, Tohir; ERANATA, Soni. STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD ABDUH DAN ABUDDIN NATA. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 9, p. 1257-1271, oct. 2019. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/623>. Date accessed: 16 oct. 2019.