MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS IX A SMP NEGERI 2 JAWILAN

  • Erning Yustiana Dewi SMPN 2 Jawilan Kabupaten Serang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Jawilan melalui pembelajaran dengan menerapkan Problem Based Learning. Penelitian tindakan kelas di kelas IX A SMP Negeri 2 Jawilan. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan Problem Based Learning. Pembelajaran dengan Problem Based Learning terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1)mengorientasikan siswa pada masalah, (2)mengorganisasi siswa untuk belajar, (3)membimbing penyelidikan individual dan kelompok, (4)mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (5)menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Berdasarkan hasil observasi, kegiatan pembelajaran dengan Problem Based Learning terlaksana 86,11% pada siklus I dan 97,61% pada siklus II. Peningkatan juga ditunjukkan dari rata-rata nilai hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari 63,39 pada siklus I menjadi 73,57 pada siklus II.

Published
2019-10-01
How to Cite
DEWI, Erning Yustiana. MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS IX A SMP NEGERI 2 JAWILAN. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 9, p. 1232-1247, oct. 2019. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/618>. Date accessed: 16 oct. 2019.