PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP AL-GHAZALY KOTA BOGOR

  • Robiatul Aekah Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an ada beberapa factor, diantaranya metode konvensional serta minat siswa pembelajaran menjadi pasif dan membosankan, juga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam membaca Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMP Al-Ghazaly Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan motode tutor sebaya, penelitian tindakan kelas ini yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. PTK dilaksanakan dalam  dua siklus penelitian dimana tiap siklus difokuskan pada membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an surat Al-Qari’ah. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang terus meningkat. Pada siklus I hanya mencapai 39% sedangkan yang diharapkan adalah 75% dari seluruh siswa mencapai KKM (75). Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 96% meningkat sebesar 57%.

Published
2019-09-03
How to Cite
AEKAH, Robiatul. PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP AL-GHAZALY KOTA BOGOR. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 8, p. 1172-1182, sep. 2019. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/603>. Date accessed: 15 sep. 2019.