PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA PENDIDIKAN FORMAL (Studi Kasus di Desa Pilowo Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai)

  • Subhan Hayun Universitas Pasifik Morotai

Abstract

Persepsi adalah proses yang menggabungkan dan mengorganisasi data-data untuk dikembangkan sedemikian rupa sehingga kita dapat menyadari pola pikir masyarakat di sekeliling (lingkungan), dan persepsi bisa berkembang menjadi pola pikir, dan selanjutnya menjadi jalan hidup dalam masyarakat yang menunjukan bahwa masyarakat memiliki persepsi positif dan persepsi negatif tentang pentingnya pendidikan formal. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat desa Pilowo. Metode penelitian menggunakan metode penelitian diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentsi untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang pendidikan. Temuan data melalui observasi bahwa masyarakat Pilowo memiliki kehidupan yang membudaya dan memiliki keadaan ekonomi dengan hirarki yang beragam. Hasil wawancara ditemukan terdapat persepsi negative yang ditunjukan oleh masyarakat desa Pilowo. Bahkan lebih beragam lagi bahwa hasil temuannya menunjukan bahwa terdapat persepsi positif, dan persepsi negatif yang ditunjukan oleh masyarakat Pilowo. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat persepsi negatif dan persepsi positif yang berkembang di dalam persepsi dan polapikir masyarakat Pilowo.

References

Abdurrahman Shaleh, 2010. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana.
Bagus takwin. 2009. “Persepsi Sosial Mengenali dan Mengerti Orang Lain”, dalam Sarlito W. Sarwono dan eko A.meinarno (ed.), PSIKOLOGI SOSIAL. Salemba Humanika.
Koentjaraningrat, 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta Cet.8
Ngalim Purwanto, 2009. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung, Remadja Karya Cet.4.
M. Alisuf Sabri, 2010. Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya Cet.5,
Muh. Said dan Junimar Affan, 2011. Psikologi dari Zaman ke Zaman. Bandung, Jemmars Bandung) Edisi Kedua,.
Soejono Soekanto, 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press
Sugiyono, 2010. Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, kuatitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Nasution, 2010. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta
Thoha, 2008, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Teori. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2019-09-03
How to Cite
HAYUN, Subhan. PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA PENDIDIKAN FORMAL (Studi Kasus di Desa Pilowo Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai). e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 8, p. 1092-1104, sep. 2019. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/595>. Date accessed: 15 sep. 2019.