PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN LARI “KASVOL” DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

  • WISNU ADITYA KURNIAWAN SMK NEGERI 1 BRONDOBG

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Brondong Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitan tindakan kelas. Subjek penelitan yang dipakai dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Brondong Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil, tepatnya pada bulan September 2016sampai dengan oktober 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 32 anak yang telah diberikan tindakan pada siklus I, siklus II dan siklus III menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1) Kebugaran jasmani melalui modifikasi permainan lari membuat suasana belajar lebih aktif, siswa lebih mampu menampilkan karakternya masing-masing dengan tetap mengindahkah rasa percaya diri, kerjasama, keberanian dan sportivitas secara baik. 2) Penerapan modifikasi permainan lari dapat meningkatkan kebugaran jasmani, ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis siklus I ke siklus II dan siklus II ke siklus III, 3) Penerapan modifikasi permainan lari dapat meningkatkan hasil belajar kebugaran jasmani, dengan prosentase ketuntasan kelas mencapai 78,12 %.

Published
2017-05-30
How to Cite
KURNIAWAN, WISNU ADITYA. PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN LARI “KASVOL” DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 11-22, may 2017. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/59>. Date accessed: 26 aug. 2019.