BUDAYA PENDIDIKAN DALAM PRESPEKTIF ORANG TERNATE

  • Alfatah Sibua Universitas Pasifik Morotai

Abstract

Kebudayaan pendidikan merupakan gagasan dan konsep yang mendasari praksis pendidikan, kebudayaan pendidikan juga tidak terlepas dari keseluruhan elemen, dan wujud kebudayaan khususnya yang menyangkut ilmu pengetahuan, adat istiadat, dan cara hidup lainnya. Nilai-nilai inilah yang ditransmisikan dari satu generasi ke generasi lainnya sebagai sebuah kesadaran budaya dalam kehidupan masyarakat.


Ternate dipilih sebagai wilayah penelitian, dikarenakan kota ini memiliki benang sejarah yang ditinggalkan oleh para leluhur zaman dahulu, sehingga menjadi warisan bagi bagi generasi sekarang di dalam mempersiapkan pendidikan baik formal maupun non-formal sebagai dasar pijakan atau pedoman dalam kehidupan.


Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk mengukur dengan cermat terhadap fenomena sosial yang terjadi dalam masyarakat, dengan menggunakan perspektif etik dan emik serta analisis, model for dan model of untuk menggunakan makna dan fungsi, sesuai dengan persepsi warga setempat. Dengan demikian hasilnya dapat di pahami bahwa budaya pendidikan dapat mendorong masyarakat menjadi cerdas dalam melihat sebuah fenomena kehidupan konsep ini tidak bisah dipisahkan antara satu dengan lainnya, karena dengan ketiga dasar itulah akan melahirkan manusia yang kaya dalam ilmu pengetahuan dan anggun dalam berperilaku budaya.

References

Arif Rohman .2012. Kebijakan Pendidikan: Analisis Dinamika Formulasi dan Implementasinya. Yogyakarta: Aswaja.
Deddy Mulyana, Jalaludi Rackhmat, 2009, Komunikasi Antarbudaya: Panduan Berkomunikasi Dengan Orang Berbeda Budaya, (Bandung : Remaja Rosdakarya,)
Hasan Abdul Hamid, 2099. Aroma Sejarah dan Budaya. Jakarta: Centara Pustaka Utama.
Josep Roucek. 2009. Masyarakat dan Adat Budaya. Mandar Maju. Bandung.
Koentjaraningrat. 2010. Pengantar Ilmu Antropologi. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Lewis, W. E., 2009. Software Testing and Continuous Quality Improvement. ketiga ed. Boca Raton: CRC Press.
Liliweri, Alo. 2010. Makna Budaya dalam Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara
Max Weber. 2006. Essay in Sociology. Terj. Noorkholis. Sosiologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
R.Z.Leirissa, dkk. 2012. Sejarah Perekonomian Indonesia. Yogyakarta: Ombak.
Tilaar, H.A.R. 2009. Kekuasaan dan Pendidikan Suatu Tinjauan dari Perspektif Studi Kultural. Magelang: Indonesia Tera.
Tomagola, Tamrin Amal. 2009. Tragedi Maluku Utara. Jakarta: Majalah Ilmu- Ilmu Sosial Indonesia. Jilid XXV.
Published
2019-07-31
How to Cite
SIBUA, Alfatah. BUDAYA PENDIDIKAN DALAM PRESPEKTIF ORANG TERNATE. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 7, p. 995-1009, july 2019. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/579>. Date accessed: 26 aug. 2019.