PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PENERAPAN NILAI-NILAI TAUHID DALAM KEHIDUPAN SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 3 BOGOR

  • Muhammad Irfan Fadillah Kota Bogor
  • Santi Lisnawati Universitas Ibn Khaldun
  • Kholil Nawawi Universitas Ibn Khaldun

Abstract

Pembelajaran Aqidah Akhlak sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas aqidah dan akhlak peserta didik. Akhlak yang karimah pasti didasari oleh tauhid yang berkualitas. Untuk itu, penulis tertarik untuk meneiliti pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap Penerapan Nilai-nilai Tauhid dalam Kehidupan Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 3 Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap penerapan nilai-nilai tauhid dalam kehidupan siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Bogor. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Berdasarkan hasil analisis data, diperolehnilai Constant (a) atau variabel Y e sebesar 44,858. Sedangkan nilai variabel X (b/koefisien regresi) sebesar 0,409 sehingga persamaan regresi ditulis Y= 44,858+0,409X. Artinya bahwa setiap pertambahan 1% nilai Pembelajaran Aqidah Akhlak, maka nilai Penerapan Nilai-nilai Tauhid dalam Kehidupan bertambah sebesar 0,409. Koefesien regresi tersebut bernilai positif sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah positif.

Published
2019-07-01
How to Cite
FADILLAH, Muhammad Irfan; LISNAWATI, Santi; NAWAWI, Kholil. PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PENERAPAN NILAI-NILAI TAUHID DALAM KEHIDUPAN SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 3 BOGOR. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 6, p. 823-837, july 2019. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/566>. Date accessed: 16 oct. 2019.