PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA SISWA SMP DITINJAU DARI KAM

  • Yayah Umayah SMP Negeri 1 Ciruas

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat membantu menumbuhkan berpikir kritis dalam diri siswa dalam belajar adalah model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran discovery berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan apakah kemampuan berpikir kritis matematis bagi siswa yang mengikuti pembelajaran ini lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis matematis bagi siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, serta apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa pada kelompok KAM tinggi, sedang dan rendah pada pembelajaran ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran discovery lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa pada kelompok KAM tinggi, sedang dan rendah pada pembelajaran discovery. Dengan demikian model ini dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang efektif untuk mencapai kemampuan berpikir kritis matematis siswa secara optimal khususnya pada materi bangun segi empat dan segitiga kelas VII.

References

Haeruman D, L. dkk. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confidence Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA di Bogor Timur, JPPM. Vol. 10(2),11 halaman: 157–168.
Haris, F. dkk. 2015. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri Karangpandan Tahun Pelajaran 2013/2014, JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI Vol.7 (2) .9 halaman: 114-122.
Jihad, A. 2003. Pengembangan Kurikulum Matematika. Bandung: PT. Cipta Persada.
Kadir. 2016. Statistika Terapan (2 (3)). Jakarta: Rajawali Pers.
Kusnandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Gratindo Persada.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Puspendik. 2016. Trends in International Mathematics and Science Study, Result From TIMSS 2015. Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan, 1–2.
Rohani, A. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Sapitri, U. E., Kurniawan, Y., & Sulistri, E. 2016. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas X pada Materi Kalor, Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika Volum 1(2),3 halaman: 64–66.
Sani, R. A. 2016. Inovasi Pembelajaran. (Y. S. Hayati, Ed.) (4th ed.). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sumarmo, U. 2015. Kumpulan Makalah : Berpikir Dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. (D. S. Dkk, Ed.) (1st ed.). Bandung: FPMIPA - UPI.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (23rd ed.). Bandung: Alfabeta.
Suherman, E., Turmudi, Suryadi, D., Herman, T., Suhendra, & Prabawanto, S. 2003. Starategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. (JICA, Ed.) (Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2019-05-31
How to Cite
UMAYAH, Yayah. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA SISWA SMP DITINJAU DARI KAM. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 5, p. 772-781, may 2019. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/561>. Date accessed: 15 sep. 2019.