PERANAN KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 CARINGIN KABUPATEN BOGOR

  • Muhammad Hasan Firdaus Bogor
  • Hidayah Baisa Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Pendidikan merupakan permasalahan semua kalangan, baik kalangan pendidik maupun lembaga pendidikan hingga masyarakat. Guru menjadi salah satu faktor permasalahan dalam pendidikan, diantaranya guru kurang terampil dalam menerapkan metode dan strategi dalam pembelajaran maupun keterbatasan guru dalam memanfaatkan media dan teknologi dalam pembelajaran. Terdapat guru tidak mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi, serta keterampilannya dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kreativitas guru dalam pembelajaran, minat belajar siswa dan peranan kreativitas guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif korelasional yang mencari data sesuai keadaan yang sebenarnya di lapangan tanpa merubah atau memanipulasi hasil data penelitian, kemudian berdasarkan hasil data tersebut mencari hubungan antara variabel (x) dan variabel (y). Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini diantaranya bentuk kreativitas guru PAI dalam pembelajaran di kelas dalam kompetensi pengetahuan guru terbilang cukup baik walaupun guru tersebut memiliki basic guru olah raga. Adapun  dalam  metode pembelajaran, guru  masih lebih dominan menggunakan metode ceramah saja sehingga masih relatif kurang dalam pemanfaatan metode dan media pembelajaran di kelas. Minat belajar siswa masih terlihat efektif dan siswa masih antusias dalam pembelajaran di kelas. Hubungan peranan kreativitas guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa diperoleh nilai rxy atau nilai rhitung lebih kecil dari rtabel, pada taraf signifikan rxy (0,212)  <  rt (0,221), maka Ho di terima dan Ha ditolak. Ini menunjukan bahwa tidak adanya korelasi positif yang signifikan antara variabel X dan Y

References

Uno, Hamzah B dan Mohamad, Nurdin. 2012. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asrori, Mohammad. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Budiman. Agus. 2013. Efisiensi Metode dan Media Pembelajaran dalam Membangun Karakter Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal At-Ta’dib, 8(1).
Sabri, M. Alisif. 2007. Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional, Jakarta: CV Pedoman Ilmu Jaya.
Pratiwi, Noor Komari. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga. 1(2)
Hadi Susanto, Minat Belajar Siswa, [Online], http://www.google.com/amp/s/bagawanabiyasa.wordpress.com/2013/05/12/minat-belajar-siswa/amp/.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Bungin, H.M. Burhan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana.
Published
2019-05-02
How to Cite
FIRDAUS, Muhammad Hasan; BAISA, Hidayah. PERANAN KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 CARINGIN KABUPATEN BOGOR. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 553-566, may 2019. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/534>. Date accessed: 20 may 2019.