PENGEMBANGAN MODUL AKHLAK ANAK MELALUI KISAH RASUL UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SANTRI TPQ NURUL AMIN

  • Firda Pratiwi Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Santi Lisnawati Universitas IBN Khaldun Bogor

Abstract

Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang penting, sebagai individu maupun masyarakat dan bangsa. sebab jatuh bangunnya suatu masyarakat tergantung kepada bagaimana akhlaknya. Lingkungan dan pendidikan yang baik akan membiasakan anak dengan perbuatan yang baik begitu pula sebaliknya. Wujud dari pendidikan akhlak tersebut yaitu dengan menyusun modul untuk menunjang proses pembelajaran untuk meningkatkan akhlakul karimah anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur penyusunan modul dalam meningkatkan akhlakul karimah anak, mengetahui tingkat kelayakan modul, dan untuk mengetahui peningkatan akhlakul karimah anak. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) yang telah disederhanakan oleh Nana Syaodih Sukmadinata melalui tiga langkah yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan pengujian. Proses yang dilakukan adalah melihat kondisi awal dan mempelajari hasil penelitian yang telah ada, membuat produk, menilai produk melalui angket yang diberikan kepada tim ahli yaitu dosen dan santri  sebagai subjek penelitian, merevisi produk, melakukan uji coba terbatas dan luas terhadap produk, yang terakhir mencetak produk secara massal. Hasil penelitian dihitung menggunakan SPSS-23 untuk mengetahui tingkat kelayakan modu.. Hasil kelayakan, validasi ahli materi menunjukkan angka 70.83% yaitu modul cukup valid/ tidak perlu revisi, validasi ahli desain menunjukkan angka 80.88% yaitu modul valid/ tidak perlu revisi, dan ahli bahasa menunjukkan angka 84.61% yaitu modul valid/tidak perlu revisi. Proses pengembangan pada uji terbatas (kelas B) yaitu 87.13% yang berarti modul valid/tidak perlu revisi, pada uji luas  (kelas  A) yaitu 93.87% yang berarti modul valid/tidak perlu direvisi. Pada tahap pengujian, perbedaan presentase antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, 42.907 dan 43.948 dengan perbedaan hasil 1.041. Dengan demikian, bahan ajar berupa modul telah sesuai dengan prosedur penyusunan dan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan akhlakul karimah santri TPQ Nurul Amin.

References

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Asyhar, Rayandra, Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran, Jakarta: Refensi Jakarta, 2012.
Daradjat, Zakiah, Ilmu pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Daryanto, Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk persiapan Guru dalam Mengajar, Yogyakarta: penerbit gava Media, 2013.
Hamka, Akhlakul Karimah, Jakarta: Gema Insani, 2017.
Mahjuddin, Akhlak Tasawuf II, Jakarta: Kalam Mulia, 2010
Nata, Abuddin, Metodologi Studi Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.
Putra, Nusa, Research & Development Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015
Published
2019-05-02
How to Cite
PRATIWI, Firda; LISNAWATI, Santi. PENGEMBANGAN MODUL AKHLAK ANAK MELALUI KISAH RASUL UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SANTRI TPQ NURUL AMIN. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 507-518, may 2019. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/528>. Date accessed: 20 may 2019.