PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENYUSUN RPP BERBASIS PPK (PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER) MELALUI IHT DI SD NEGERI PORONG KABUPATEN SIDOARJO

  • Sujiman Sujiman SD Negeri Porong

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih belum tercapainya kompetensi pedagogik guru SD Negeri Porong dalam menyusun RPP berbasis PPK. Hal ini disebabkan guru belum memahami komponen dan prinsip-prinsip penyusunan RPP. Hasil RPP yang disusun guru masih banyak yang belum lengkap. RPP yang disusun guru belum mengintegrasikan PPK. Untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru diperlukan upaya perbaikan melalui IHT. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan sekolah (PTS). Subyek penelitian di sini adalah guru-guru SD Negeri Porong Kabupaten Sidoarjo dengan jumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan program kegiatan IHT terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP berbasis PPK. Hal ini terlihat dari siklus I sebesar 81 meningkat pada siklus II sebesar 90. Penerapan IHT terbukti dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP berbasis PPK. Hal ini terlihat dari presentase pra tindakan sebesar 21%, meningkat pada siklus I sebesar 79%, dan meningkat secara signifikan pada siklus II sebesar 93%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan IHT dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru SD Negeri Porong Kabupaten Sidoarjo dalam menyusun RPP berbasis PPK.

Published
2019-03-27
How to Cite
SUJIMAN, Sujiman. PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENYUSUN RPP BERBASIS PPK (PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER) MELALUI IHT DI SD NEGERI PORONG KABUPATEN SIDOARJO. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 402-417, mar. 2019. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/517>. Date accessed: 26 apr. 2019.