PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES 6 LAWAN 6 DAN 7 LAWAN 7 TERHADAP KELINCAHAN DAN KETERAMPILAN DRIBBLING PEMAIN SEPAKBOLA

  • Adi Rianto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh penerapan latihan Small Sided Games 6 Lawan 6, Small Sided Games 7 Lawan 7, Kelincahan, Keterampilan Dribbling pada siswa ekstrakurikuler cabang olahraga sepakbola MI Yapisthon Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dan desain menggunakan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis uji beda (t-test) dan multivariat analisis of variance (ANOVA). Berdasarkan data yang diperoleh disimpulkan terjadi peningkatan yang signifikan pada kedua kelompok eksperimen dibanding dengan kelompok kontrol. Kelincahan terjadi peningkatan pada kedua kelompok eksperimen I dan II, tingkat keterampilan dribbling lebih terlihat pengaruhnya pada kelompok eksperimen I, hal ini bisa disebabkan karena pada pengamatan dilapangan kelompok eksperimen 1 dan 2 pada saat melakukan latihan small sided games tidak berani mennggiring bola.keterbatasan waktu yang ada dan minimnya pertemuan perlakuan per minggunya yang diberikan juga mempengaruhi.

Published
2019-02-28
How to Cite
RIANTO, Adi. PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES 6 LAWAN 6 DAN 7 LAWAN 7 TERHADAP KELINCAHAN DAN KETERAMPILAN DRIBBLING PEMAIN SEPAKBOLA. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 293-304, feb. 2019. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/504>. Date accessed: 20 may 2019.