PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN BERBURU BINATANG DAN BENTENG-BENTENGAN TERHADAP GERAK DASAR LOKOMOTOR DAN MANIPULATIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

  • Muhammad Setyo Hadisaputra Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Secara umum, pendidikan mempunyai fungsi untuk membentuk dan mengembangkan karakter bangsa. Sehingga setelah menyelesaikan pendidikan maka siswa diharapkan dapat berperan serta untuk menjadi warga negara yang demokratis serta bertangung jawab. Salah satu dari mata pelajaran tersebut adalah pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Dalam aktivitas pembelajaran diperlukan adanya perkembangan gerak dasar motorik sehingga pembelajaran lebih aktif.


Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian true experimental design, dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pacarkembang 4. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penilitian ini yaitu tes kemampuan Motorik.


Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa tidak adanya pengaruh penerapan permainan berburu binatang dan benteng-bentengan dalam gerak manipulatif siswa, dan gerak lokomotor terdapat pengaruh untuk penerapan permainan berburu binatang dan benteng-bentengan dalam pembelajaran PJOK.

Published
2019-02-28
How to Cite
HADISAPUTRA, Muhammad Setyo. PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN BERBURU BINATANG DAN BENTENG-BENTENGAN TERHADAP GERAK DASAR LOKOMOTOR DAN MANIPULATIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 253-267, feb. 2019. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/501>. Date accessed: 26 mar. 2019.