Analisis ANALISIS KEHANDALAN MOTOR PEMBAKARAN DALAM TIPE DIESEL ENGINE SEBAGAI PENGGERAK POMPA AIR PEMADAM MENGGUNAKAN PEMODELAN MATEMATIS PARAMETRIC FAILURE RATE DI KILANG LNG

  • Bagus Hendra Permana Universitas Diponegoro

Abstract

Tujuan dari tugas akhir ini adalah menghasilkan pemodelan matematis parametric failure spesifik per unit untuk motor pembakaran dalam tipe diesel engine sebagai penggerak pompa air pemadam dengan tag number 33-GE-5A/B/C/D. Pemodelan matematis yang dihasilkan akan digunakan sebagai pedoman untuk menentukan langkah perawtan strategis bagi unit terkait. Pemodelan matematis yang dihasilkan juga diharapkan mampu memprediksi dengan akurat jumlah kerusakan unit yang dianalisis di masa yang akan datang.


Untuk menghasilkan pemodelan matematis parametric failure rate yang akurat, data kerusakan yang diambil dari Maintenance Work Order Oracle database akan diasumsikan terdistribusi secara Poisson. Sebelum menentukan jenis counting process yang akan digunakan, antara Homogeneous Poisson Process (HPP) atau Non-homogeneous Poisson Process, akan dilakukan Laplace Test untuk menentukan apakah laju kerusakan terjadi secara konstan atau tidak.


Setelah pemodelan matematis yang dihasilkan menggunakan salah satu dari dua jenis counting process yang telah disebutkan didapatkan, uji grafis serta uji statistik menggunakan Pearson's Chi-Squared Goodness of Fit Test akan dilakukan untuk memastikan apakah pemodelan yang telah dihasilkan telah sesuai.

Published
2019-01-31
How to Cite
PERMANA, Bagus Hendra. Analisis ANALISIS KEHANDALAN MOTOR PEMBAKARAN DALAM TIPE DIESEL ENGINE SEBAGAI PENGGERAK POMPA AIR PEMADAM MENGGUNAKAN PEMODELAN MATEMATIS PARAMETRIC FAILURE RATE DI KILANG LNG. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 129-141, jan. 2019. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/484>. Date accessed: 25 june 2019.