PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, DIRECT INSTRUCTION DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK KERJA BENGKEL KELAS X TAV SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Muryanto Muryanto SMK Negeri 7 Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning, pembelajaran langsung dan kemampuan awal dengan mata pelajaran teknik kerja bengkel. Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki nilai tugas yang kurang bagus untuk mata pelajaran teknik kerja bengkel. dan peneliti memakai model contextual teaching and learning untuk menyempurnakan nilai tugas para siswa. Model pembelajaran berbasis konteks adalah model pembelajaran yang menitikberatkan siswa melakukan tugas conteks sebagai penilaian tugas akhir. Model pembelajaran contextual teaching and learning berbasis tugas dan model pembelajaran langsung juga berbasis tugas siswa menghasilkan skor yang baik, dan Model tersebut terkait dengan kemampuan awal siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di dua sekolah SMK Negeri 7 Surabaya.  Penelitian ini menggunakan teknik sampel penuh untuk semua anggota responden dengan total 72 siswa dengan rancangan penelitian paradigma ganda dengan dua variabel independent Penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini diperoleh dengan data sebagai berikut: skor tertinggi kemampuan awal ctl adalah 84,89 yang dapat mempengaruhi hasil belajar. skor terendah kemampuan awal pembelajaran langsung 74,50. Hasilnya adalah peningkatan signifikan model pembelajaran berbasis contextual teaching and learning dan model pembelajaran direct instruction.

References

Anggiat. M. S dan Hadiati. S. 2001. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga Administarsi Negara Republik Indonesia.
Depdiknas. 2003. Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual. Jakarta: Direktorat Sekolah Lanjutan Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Pelatihan Implementasi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Muhhibin Syah. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Roesminingsih dan Susarno, Lamijan Hadi. 2011. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan PengembanganIlmu Pendidikan Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Surabaya.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Yusdi dan Milman. Pengertian Kemampuan. Tersedia.[online]. 2011. http//milmamnyusdi.blogspot.com/2011/07/pengertiankemampuan.html http://alumni1pleret.forumotion.net/ fisika-f5/pengertian-fisika-t9
Published
2019-01-31
How to Cite
MURYANTO, Muryanto. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, DIRECT INSTRUCTION DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK KERJA BENGKEL KELAS X TAV SMK NEGERI 7 SURABAYA. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 42-52, jan. 2019. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/475>. Date accessed: 17 feb. 2019.