IMPLEMENTASI METODE BELAJAR KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN BERIWIT 3 KECAMATAN MURUNG KABUPATEN MURUNG RAYA

  • Sibeng Sibeng SDN Beriwit 3 Murung Raya
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, STAD, Bahasa Indonesia

Abstract

Alat tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa terhadap mata-mata pelajaran yang diajarkan sering kali hanya mengukur kemampuan pengetahuan siswa. Demikian pula mata pelajarn IPS alat tes yang digunakan hanya melulu menekankan kepada kemampuan siswa sehingga pelaksanaan kegiatan belajar mengajar IPS Kelas V SD Negeri Beriwit 3 Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya yang dilakukan oleh guru berusaha untuk membekali siswa-siswanya dengan bekal pengetahuan yang berupaya untuk bisa menjawab soal tes. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk memperoleh gambaran umum tentang metoda belajar secara berkelompok dalam upaya untuk melibatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar IPS yang diusahakan dan diciptakan guru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini berlokasi di SD Negeri Beriwit 3 Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya.

Pada siklus I siswa yang mendapat nilai 2 atau jawaban siswanya "benar" mencapai 67,57% dari 20 siswa yang mengikuti tes. Sementara siswa yang mendapat nilai 1 atau menjawab "kurang tepat" prosentasinya mencapai 4,87%. Sedangkan siswa yang mendapat nilai 0 (nol) atau "salah" prosentasinya 27,57%. Pada siklus II, siswa yang mencapat nilai 2, perolehan nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 83,78%. Sementara itu siswa yang mendapat nilai 1 atau "kurang tepat" meningkat dari sebanyak 4,87% menjadi 11,71%, sedangkan yang mendapat 0 (nol) menurun dari 27,57% menjadi 1%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
Hidayati, dkk. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Surakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Ischak, dkk. 2005. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Johnson David W and Roger T. Johnson. 2002. Cooperative Learning Methode: A Meta-Analysis. Journal of Research in Education.
http://www.eeraonline.org/journal/files/2002/JRE_2002_01_DWJohnson. pdf
Kasmadi, Hartono. 2007. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai Mata Pelajaran yang Unggul: Sebuah Tantangan bagi Pembelajaran Sejarah’. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Ikatan Himpunan Mahasiswa Sejarah Se-Indonesia (IKAHIMSI), UNNES, Semarang, 16 April 2007
Sapriya, 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaha Rosdakarya
Sumantri, Mulyani dan Johar Permana, 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: C.V Maulana
Sumantri, Numan. 2001. Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : Rosda Karya.
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2018-11-05