PERAN SELF REGULATED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG SERING MENGIKUTI LOMBA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SEKOLAH

  • Dionysius Eri Wibowo Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran self regulated learning dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa yang sering mengikuti lomba ekstrakurikuler. Penelitian ini dilakukan di SMA ST. Bellarminus, Jakarta dan SMA Bunda Hati Kudus, Kota wisata. Metode pengumpulan data menggunakan skala self regulated learning dan skala motivasi belajar yang di adaptasi dari skala motivasi ACRS John Keller. Prestasi belajar matematika diperoleh dari dokumentasi rapor siswa. Teknik analisis data yang digunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Analisis regresi sederhana self regulated learning terhadap prestasi belajar matematika memperoleh (r) sebesar 0.205 dan p = 0.010 < 0.05. Motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa yang sering mengikuti lomba ekstrakurikuler memperoleh (r) sebesar 0.184 dan nilai p = 0.022 < 0.05. Analisis regresi ganda self regulated learning dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa yang sering mengikuti lomba ekstrakurikuler memperoleh (R) 0.225. Skor R square adalah 0.050 yang berarti ada sebesar 5.0% variasi prestasi belajar mampu dijelaskan oleh dua variabel independen. Hasil dari analisis data ini menunjukkan ada peran yang  kuat  dari self regulated learning dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa yang sering mengikuti lomba esktrakurikuler olahraga.

Published
2018-09-27
How to Cite
WIBOWO, Dionysius Eri. PERAN SELF REGULATED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG SERING MENGIKUTI LOMBA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SEKOLAH. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 9, p. 877-894, sep. 2018. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/397>. Date accessed: 26 may 2020.