PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KARYA SENI RUPA TERAPAN NUSANTARA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA

  • Fariza Pahlevi Author

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Bali  untuk mengetahui   peningkatan hasil belajar  siswa  setelah dilakukan penerapan pendekatan metode pembelajaran kontekstual   dalam pembelajaran  materi  karya seni rupa terapan nusantara pada  siswa  kelas  VIII A dan mengetahui peningkatan aktivitas siswa  kelas VIII A pada  saat  pembelajaran  materi  karya seni rupa terapan nusantara dengan pendekatan metode pembelajaran kontekstual. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Bali . Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 pada bulan November-Desember 2016. Subyek penelitian ini  adalah siswa SMP Negeri 1 Bali  kelas  VIII A.  Siswa  kelas  tersebut  berjumlah  30  orang terdiri  dari  16 siswa  putri  dan  14  siswa  putra.   Penelitian  ini  dilaksanakan  dalam  dua  siklus dengan  maksud  untuk mengetahui perkembangan perubahannya dan dapat  melakukan tahapan  perbaikan  dengan  baik.  Masing-masing  siklus  memiliki beberapa  tahap,  yaitu  tahap  perencanaan,  pelaksanaan  tindakan, pengamatan   dan   refleksi.  Sumber data penelitian ini diperoleh dari siswa, guru dan peneliti. enis  data  yang  diperoleh  adalah  data  kuantitatif  dan  data  kualitatif  yaitu hasil belajar tes tertulis, tes praktik dna hasil obeservasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pendekatan metode pembelajaran kontekstual pada materi karya seni rupa terapan nusantara dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bali  Tahun Pelajaran 2016/2017. Sebelum diterapkanya metode pembelajaran kontekstual prosentase ketuntasan belajar siswa hanya 16,7%, pada siklus I prosentase ketuntasan belajar siswa mencapai 90% dan pada siklus II prosentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai 100%. Penerapan pendekatan metode pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas  belajar  siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bali . Pada siklus I aktivitas belajar siswa dalam kategori baik dan pada siklus II aktivitas belajar siswa dalam kategori sangat baik.

Published
2017-03-14
How to Cite
PAHLEVI, Fariza. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KARYA SENI RUPA TERAPAN NUSANTARA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 11-20, mar. 2017. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/20>. Date accessed: 26 aug. 2019.