Penerapan model MAM dipadukan Eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA

  • Farida Ainur Rohmah UKSW

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAM DIPADUKAN EKSPERIMEN


UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR  IPA KELAS 5 SD


 


1 Farida Ainur Rohmah Krisma Widi Wardani


 


Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar


Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan


Universitas Kristen Satya Wacana


Jl.Diponegoro 52-60,Salatiga50711,Indonesia


 


Email: 1  Faridaainur.roh26@gmail.com 2 Krisma.widi@staff.uksw.edu


 


 


ABSTRAK


 


Kata Kunci : Make A Match, Eksperimen, Hasil Belajar IPA


 


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kesenjangan kondisi hasil belajar siswa SD Negeri Kebonagung 03 yang belum optimal dan belum memenuhi KKM.  Dalam proses belajar mengajar guru hanya mengandalkan metode ceramah, tanpa menggunakan model yang bervariasi sesuai dengan materi. Kondisi yang demikian menjadikan siswa sulit untuk memahami materi pelajaran, sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA rendah, hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai siswa yang berada di bawah KKM (70) sebanyak 13 siswa atau 54%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya melalui penerapan model pembelajaran Make A Match dipadukan Eksperimen siswa kelas 5 SDN Kebonagung 03 Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak pada Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017.


Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi sesuai dengan model penelitian menurut Kemmis dan Mc Taggart, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Kebonagung 03 yang berjumlah 24 siswa.Teknik pengumpulan yang dilakukan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan hasil dari kondisi awal, siklus I dan siklus II.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dipadukan Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat terlihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata kelas 45,9%  pada kondisi awal menjadi 62,5% pada siklus I dan 95,83% pada siklus II. Pada kondisi awal, siswa yang tuntas belajar sebanyak 11 siswa (45,9%).  Pada siklus I meningkat 15 siswa (62,5%) dan pada siklus II 23 siswa (95,83%). Penelitian dikatakan berhasil karena sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 80 persen siswa tuntas dengan KKM ≥70.

Published
2017-08-07
How to Cite
ROHMAH, Farida Ainur. Penerapan model MAM dipadukan Eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 1, n. 6, p. 734-747, aug. 2017. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/159>. Date accessed: 26 aug. 2019.