PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V SD

  • afandi roqit UKSW

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan tujuan belajar agar siswa dapat berperan aktif mengembangkan kemampuan dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, berkarakter yang cerdas sehingga dalam implementasi pendidikan harus sesuai dengan tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Jenis penelitian ini adalah PTK dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi, dan (3) refleksi. Penelitian dilakukan pada kelas IV SDN Barukan 02 Kec. Tengaran Kab. Semarang dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa juga soal tes evaluasi. Penelitian ini menggunakan analisis ketuntasan yaitu membandingkan nilai pra siklus, siklus I dan siklus II.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang mulanya pada pra siklus sebesar 35%. Pada siklus I meningkat dengan tingkat ketuntasan sebesar 60%. Kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 90% dari keseluruhan siswa. Dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI), siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Siswa tidak lagi hanya duduk diam mendengarkan penjelasan dari guru, akan tetapi siswa harus mampu berfikir dan aktif untuk menyelesaikan permasalahan yang ia hadapi dengan cara bekerja secara kelompok. Dengan bekerja kelompok siswa dapat saling bertukar pikiran untuk lebih meningkatkan pengetahuan masing-masing siswa.

Published
2017-07-27
How to Cite
ROQIT, afandi. PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V SD. e- Jurnal Mitra Pendidikan, [S.l.], v. 1, n. 5, p. 508-520, july 2017. ISSN 2550-0481. Available at: <http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/108>. Date accessed: 26 aug. 2019.